Sakit Mata Glukoma

Sakit Mata Glukoma

Sakit Mata Glukoma adalah salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Sakit Mata Glukoma disebabkan saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Sakit Mata Glukoma merupakan penyebab kebutaan normor tiga di dunia. Dan hampir 14 juta orang di dunia terkena glaukoma.

sakit mata glukoma

sakit mata glukoma

Terdapat 4 jenis sakit mata  glukoma:

Sakit Mata Glukoma Sudut Terbuka Primery.
Sakit Mata Glukoma sudut terbuka primery adalah tipe yang paling sering ditemukan, glukoma jenis ini adalah faktor keturunan, sehingga berisiko tinggi dalam riwayat keluarga. Sakit Mata Glukoma ini biasanya terjadi pada usia dewasa atau usia berkembang perlahan-lahan secara berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Sering sekali tidak ada gejala sampai terjadi kerusakan berat dari syaraf optik dan penglihatan terpengaruh secara permanen.

Sakit Mata Glukoma Sudut Tertutup AKUT
Sakit Mata Glukoma sudut tertutup akut lebih sering di temukan karna keluahannya yang mengganggu, gejalanya sering sakit mata yang hebat, pandangan kabur dan terlihat warna-warna di sekeliling cahaya, beberapa pasien bahkan mual dan muntah-muntah. Sakit Mata Glukoma sudut tertutup akut termasuk yang sangat serius dan dapat mengakibatkan kebutaan dalam waktu yang relatif singkat.

Sakit Mata Glukoma Sekunder
Sakit Mata Glukoma sekunder disebabkan oleh kondisi lain seperti katarak,diabetes,trauma,arthitris maupun operasi mata sebelumnya.

Sakit Mata Glukoma Kongenital
Sakit Mata Glukoma kongenital ditemukan pada saat kelahiran atau segara setelah kelahiran, biasanya di sebabkan oleh sistem pembuangan cairan di dalam mata tidak berfungsi dengan baik, akibatnya tekanan bola mata meningkat terus dan menyebabkan pembesaran mata bayi, bagian mata depan berair dan berkabut dan peka terhadap cahaya.

Keempat jenis sakit mata glukoma ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata dan karenanya semuanya bisa menyebabkan kerusakan saraf optikus yang progresif.

Faktor-Faktor Risiko Sakit Mata Glukoma

Sakit Mata Glukoma seringkali disebut pencuri penglihatan yang diam-diam. Ini disebabkan, seperti yang sudah disebutkan, dalam banyak kasus-kasus, tekanan dalam mata (intraocular pressure) dapat meningkat dan merusak penglihatan tanpa menyebabkan gejala-gejala nyata. Jadi, kesadaran dan penemuan awal glukoma adalah sangat penting karena penyakit ini dapat dirawat dengan sukses jika didiagnosis lebih awal. Ketika setiap orang berisiko untuk glukoma, orang-orang tertentu berisiko lebih tinggi dan perlu dperiksa lebih sering oleh dokter mereka. Faktor-faktor risiko utama termasuk:

  1.     Umur diatas 45 tahun
  2.     Sejarah glukoma keluarga
  3.     Keturunan ras hitam
  4.     Diabetes
  5.     Sejarah peningkatan tekanan dalam mata
  6.     Nearsightedness (derajat tinggi dari myopia), adalah ketidakmampuan untuk melihat  jelas benda-benda yang jauh
  7.    Sejarah luka mata
  8.    Pemakaian cortisone (steroids), di mata atau secara sistimatis (melalui mulut atau disuntik)
  9. Farsightedness (hyperopia), adalah melihat benda-benda jauh lebih jelas dari yang dekat (orang dengan penglihatan jauh mungkin mempunyai filtering angles yang sempit, yang memberikan mereka kecenderungan mendapat serangan akut (tiba-tiba) dari closed-angle glaucoma).

Gejala Sakit Mata Glukoma yang dirasakan pertama oleh penderita penyakit ini biasanya :  bila memandang lampu neon/sumber cahaya maka akan timbul warna pelangi di sekitar neon tersebut, mata terasa sakit karena posisi mata dalam keadaan membengkak, penglihatan yang tadinya kabur lama kelamaan akan kembali normal, rasa ingin mengedip terus-menerus dengan menekan kedipan berlebihan. Hal inilah yang membuat para penderita glaukoma tidak menyadari bahwa ia sudah menderita penyakit mata yang kronis.

Cara Pengobatan Sakit Mata Glukoma

Inti dari pengobatan sakit mata glukoma adalah menurunkan tekanan di dalam bola mata dengan mengurangi jumlah cairan aqueous humor di dalam mata dengan mengurangi produksi cairan dalam mata atau dengan memperbaiki saluran mata yang tersumbat. Obat-obatan yang sering digunakan oleh dokter untuk mengurangi produksi cairan mata antara lain; obat golongan beta blocker contohnya timolol. Selain itu, jika ada indikasi, maka bisa saja dilakukan tindakan operasi untuk membuka saluran mata yang tersumbat tersebut.

 

Sakit Mata Glukoma

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*