Penyebab Glaukoma Mata

Penyebab Glaukoma Mata

Penyebab Glaukoma Mata– Mata adalah salah satu karunia yang diberikan Tuhan pada umat manusia. Tanpa kehadiran mata dalam kehidupan kita,  membaca tulisan ini pun menjadi hal yang mustahil. Dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yang dapat mengancam keberlangsungan fungsi penglihatan kita. salah satunya trauma benda tajam, tumpul, trauma zat kimia (asam, basa dan iritatif). Penyebab glakoma mata- Hal-hal yang mengancam fungsi penglihatan seperti yang disebutkan tadi merupakan ancaman-ancaman yang terlihat dan kita sadari dengan cepat. sehingga penanganan yang dilakukan pun akan lebih cepat, sehingga terancamnya fungsi penglihatan dapat diminimalisir.

Penyebab Glaukoma Mata- Penyakit Glaukoma ini merupakan penyakit yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Ini dikarena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

penyebab glaukoma mata

penyebab glaukoma mata

Gejala Penyakit Glaukoma

Penyebab Glaukoma Mata– Gejala yang dirasakan pertama oleh penderita penyakit ini biasanya :  bila memandang lampu neon/sumber cahaya maka akan timbul warna pelangi di sekitar neon tersebut, mata terasa sakit karena posisi mata dalam keadaan membengkak, penglihatan yang tadinya kabur lama kelamaan akan kembali normal, rasa ingin mengedip terus-menerus dengan menekan kedipan berlebihan. Hal inilah yang membuat para penderita glaukoma tidak menyadari bahwa ia sudah menderita penyakit mata kronis.

Penyebab Glaukoma Mata- Disamping itu Penyakit Glaukoma juga ditandai dengan berkurangnya lapangan pandangan mata, namun kadangkala kita tidak terlalu sadar adanya gejala ini hingga timbul nyeri kepala dan pandangan kabur mendadak. Namun, saat gejala sudah timbul derajat glaukoma yang diderita sudah masuk derajat berat

Penyebab Glaukoma Mata

Penyebab Glaukoma Mata– Glaukoma disebabkan peningkatan tahanan aliran keluar humor aqueous melalui jaring-jaring trabekuler, kanalis schlemm, dan sistem vena episkleral. Pori-pori trabekula dapat tersumbat oleh setiap jenis debris, darah, pus, atau bahan lainnya. Peningkatan tahanan tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan kortikostroid jangka lama, tumor intraokuler, uveitis akibat penyakit seperti herpes simplex atau herpes zoster, atau penyumbatan jaring-jaring trabekula oleh material lensa, bahan viskoelastik (digunakan pada pembedahan katarak), darah atau pigmen.

Penyebab Glaukoma Mata- Peningkatan tekanan episkleral akibat keadaan seperti luka bakar kimia, tumor retrobulbar, penyakit tiroid, fistula ateiovenosa, jugularis superior vena kava atau sumbatan vena pulmonal juga dapat mengakibatkan peningkatan TIO. Selain itu, glaukoma sudut terbuka dapat terjadi setelah ekstraksi katarak, implantasi TIO ( khususnya lensa kamera anterior), penguncian sklera, vitrektomi, kapsulotomi posterior, atau trauma.

Selain itu, TIO dapat meningkat karena adanya hambatan oleh akar iris pada sudut bilik mata depan, yang membendung semua aliran keluar. Penyebab Glaukoma Mata dan Faktor resiko terjadinya glaukoma diantaranya riwayat penyakit diabetes, hipertensi, arteriosklerosis.

Dalam setiap penyakit pasti ada sebabnya kadang karena lingkungan atau juga kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari namun apapun itu penyeakit pasahakan saja kepada tuhan , karena semua tidak terlepas dari kuasa-Nya . bukan karena faktor genetik atau penularan karna islam terlepas dari dosa keturunan ( penyakit keturunan ).Nah munkin kamu ingin mengetahui Faktor penyebab Glaukoma mata, yaitu sebagai berikut : penyebab Glaukoma mata lainnya

•           Pemakaian obat tetes mata yang berlebihan.

•           Menulis, membaca, dan menonton tv di tempat gelap.

•           Marah yang berlebihan.

•           Katarak yang telah meluas.

•           Infeksi dan peradangan pada mata

•           Memiliki penyakit rabun jauh (miopi).

•           Menderita penyakit diabetes atau kencing manis.

•           Menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

•           Penderita penyempitan pembuluh darah otak atau sirkulasi buruk disebut juga migrain.

•           Mengalami kecelakaan atau operasi pada mata sebelumnya.

•           Menggunakan steroid dalam jangka waktu yang cukup lama.

•           Faktor usia, yakni berusia lebih dari 45 tahun.

Penyebab Glaukoma Mata- Orang yang memiliki riwayat keluarga penderita glaukoma memiliki kecenderungan kuat untuk mengalami penyakit itu juga, selain itu pada penderita radang uveal ( uveitis) kronis yang tidak terkontrol juga dapat berkembang menjadi glaukoma.  Orang yang berusia di atas 40 tahun juga memiliki kerentanan terhadap glaukoma.

Segera lakukan kontrol ke dokter spesialis mata. Untuk diperiksa tekanan intraokular, keadaan lapang pandang, dan keadaan jaringan saraf optik. Apakah semuanya masih dalam keadaan  baik dan apakah semuanya masih terkontrol.

Keterlambatan dalam penanganan glaukoma dapat merugikan pasien karena dapat mengurangi kualitas lapang pandang bahkan dapat berakhir pada kebutaan total.

 

Penyebab Glaukoma Mata

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*