Penyakit Mata Penyebabkan Kebutaan

Penyakit Mata Penyebabkan kebutaan

Penyakit Mata Penyebabkan kebutaan– Mata adalah organ penting untuk menyaksikan keindahan dunia. Tanpa mata dunia menjadi gelap, warna-warni dan gemerlapnya tidak bisa kita lihat. Karena mata juga maka ada penjual kacamata, dokter mata dan berbagai asesoris lainnya. Beruntunglah kita yang dikaruniai mata sebegai indera penglihatan. Namun perlu diingat bahwa mata harus dijaga kesehatannya agar penglihatan tidak terganggu.

Penyakit Mata Penyebabkan kebutaan– Perawatan mata yang baik memungkinkan kita untuk bisa berpenampilan menarik. Jangan sampai mata terserang penyakit yang membuat diri kita tak bebas lagi beraktivitas apalagi sampai mengalami kebutaan karena keteledoran kita dalam merawatnya.

penyakit mata penyebabkan kebutaan

penyakit mata penyebabkan kebutaan

Macam-macam Penyakit Mata Penyebabkan kebutaan

Memang, Penyakit mata punya banyak sekali jenis. Penyebabnya juga bermacam-macam. Tingkat Bahayanya juga bermacam-macam. Diantara itu semua, ada beberapa penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan, berikut ini adalah penyakit mata yang menyebabkan kebutaan.

Penyakit Mata Penyebabkan kebutaan potensinya cukup tinggi adalah katarak, penyakit yang menunjukan anka paling tinggi. Katarak disebabkan oleh keburaman yang muncul pada lensa mata. Kondisi ini menyebabkan penderitanya seakan-akan melihat kabut saat melihat. Dan jika tetap berlanjut akan hilanglah pengelihatannya. Kebanyakan diderita para orang lanjut usia dan anak-anak. mengapa demikian ? Ada banyak faktor yang melatarbelakanginya.

Penyakit Mata penyebabkan kebutaan menempati urutan kedua dari jajaran penyakit mata yang paling sering adalah glaukoma. Glaukoma adalah penyakit yang menyebabkan tekanan bola mata meningkat. Jenisnya dibedakan menjadi dua yaitu, glaukoma akut dan glaukoma kronik. Glaukoma akut terjadi secara mendadak, gejalanya, nyeri pada bagian mata, sakit kepala, mata buram, dan seakan-akan melihat pelangi disekitar sumber cahaya. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kebutaan. Sedangkan glaukoma kronik adalah glaukoma yang terjadi secara perlahan, biasanya para pasien baru sadar saat penyakitnya sudah parah.

Penyakit Mata penyebabkan kebutaan yang juga punya potensi tinggi adalah retinoblastoma. Penyakit mata ini disebabkan oleh tumor ganas yang ada di retina mata atau bisa juga di daerah saraf. Tumor ini dapat menjalar kemana-mana. Dan jika tidak ada penanganan lebih lanjut, maka akan menyebabkan kebutaan, bahkan kematian. Tanda-tanda awal yang dapat kita amati adalah muncul bintik warna putih keruh, kuning atau merah muda pada bagian tengah mata atau bagian pupil. Tapi, kadang-kafang orang tidak sadar akan tanda-tanda ini, dan pergi ke dokter saat sudah agak besar. Biasanya ini terjadi pada anak yang usianya 6 bulanan atau lebih. Mengapa ini terjadi pada anak-anak ? Ada yang bilang penyakit retinoblastoma mendekati sangat dekat penyebabnya dengan faktor keturunan.

Selain itu masih ada penyakit Penyakit Mata Penyebabkan kebutaan seperti Gonoblenorrhoe, kencing nanah, kecelakaan pada mata, kelainan refraksi, ablatio retina atau selaput jala terlepas, tumor dan penyakit degenerasi.

Penyakit Mata penyebabkan kebutaan- 3 Penyakit mata di atas ini sangat populer. Mereka dapat menyerang siapa saja. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Saran saya adalah hidup dengan pola yang sehat, tidak merokok, asupan gizi yang cukup, dan menghindari paparan matahari.

Penyakit Mata penyebabkan kebutaan- Usaha kita hanyalah mempertahankan kesehatan mata semaksimal mungkin agar dapat dihindari terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan pada mata.

Berikut ini beberapa cara menjaga  kesehatan mata secara umum :

  • Penyakit Mata penyebabkan kebutaan- Mengkonsumsi vitamin A secara cukup terutama yang terdapat pada makanan untuk menghindari bahaya Xerophthalmia. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak usia pra sekolah yang gejalanya disertai dengan malnutrisi.
  • Penyakit Mata penyebabkan kebutaan- Kebersihan mata harus selalu dijaga, jangan dibiarkan kotor agar tak mudah terkena infeksi
  • Penyakit Mata penyebabkan kebutaan- Terlalu dekat ketika membaca atau menonton televisi juga tidak baik. Jika terjadi demikian maka anak perlu diperiksakan ke dokter mata karena kemungkinan anak menderita rabun dekat dan perlu memakai kacamata. Kalau rabun ini tak segera diperbaiki dengan kacamata maka mata anak kemungkinan tak akan bisa melihat walau kemudian hari diberi kacamata dan mata bisa menjadi juling.
  • Penyakit Mata penyebabkan kebutaan- Bekerja dengan komputer yang terlalu lama dapat membuat mata lelah, istirahatkan mata beberapa waktu untuk merilekskan otot mata yang tegang. Monitor hendaknya dipasang filter yang mampu menahan radiasi sinar atau cahaya, dan tak perlu memaksa diri untuk bekerja jika mata sudah lelah atau mengantuk.

Penyakit Mata Penyebabkan Kebutaan

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*