Pengertian Glukoma Yaitu

Pengertian Glukoma Yaitu

 

Pengertian Glukoma– Mata mempunyai peranan yang vital dalam kehidupan manusia. Mata yang berfungsi dengan baik adalah anugerah dalam menikmati keindahan alam dunia ini. Namun tak semua manusia mempuyai mata yang sempurna. Ada sejumlah orang yang mengalami kelainan pada mata. Ada beberapa gangguan pada mata yang umum ditemui di masyarakat.  Secara ilmiah kemampuan lensa membuat fokus bayangan di retina berlainan dari orang yang satu ke orang yang lain.

Pengertian Glukoma adalah glukoma merupakan  salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Pengertian Glukoma – Glukoma disebabkan saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Pengertian Glukoma– Glukoma bisa menyerang siapa saja. Deteksi dan penanganan dini adalah jalan satu-satunya untuk menghindari kerusakan penglihatan serius akibat glaukoma. Bagi Anda yang berisiko tinggi disarankan untuk memeriksakan mata Anda secara teratur sejak usia 35 tahun.

Pengertian Glukoma- Risiko glukoma bertambah tinggi dengan bertambahnya usia. Terdapat 2% dari populasi usia 40 tahun yang terkena glukoma. Angka ini akan bertambah dengan bertambahnya usia

Pengertian Glukoma- Riwayat anggota keluarga yang terkena glukoma
Untuk glaukoma jenis tertentu, anggota keluarga penderita glukoma mempunyai resiko 6 kali lebih besar untuk terkena glukoma. Resiko terbesar adalah kakak-beradik kemudian hubungan orang tua dan anak-anak.

Pengertian Glukoma- Tekanan bola mata
Tekanan bola mata diatas 21 mmHg berisiko tinggi terkena glukoma. Meskipun untuk sebagian individu, tekanan bola mata yang lebih rendah sudah dapat merusak saraf optik. Untuk mengukur tekanan bola mata dapat dilakukan dirumah sakit mata dan/atau dokter spesialis mata.

 Pengertian Glukoma Yaitu

Pengertian Glukoma Yaitu

Pengertian Glukoma- Terdapat 4 jenis glaukoma :
– Jenis Glaukoma sudut terbuka
– Jenis Glaukoma sudut tertutup
– Jenis Glaukoma kongenitalis
– Jenis Glaukoma sekunder

Keempat jenis glaukoma ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata dan karenanya semuanya bisa menyebabkan kerusakan saraf optikus yang progresif.

Pengrtian Glukoma primer
– Pengertian Glukoma sudut terbuka
adalah Merupakan sebagian besar dari glaukoma ( 90-95% ) , yang meliputi kedua mata. Timbulnya kejadian dan kelainan berkembang secara lambat. Disebut sudut terbuka karena humor aqueousmempunyai pintu terbuka ke jaringan trabekular. Pengaliran dihambat oleh perubahan degeneratif jaringan rabekular, saluran schleem, dan saluran yg berdekatan. Perubahan saraf optik juga dapat terjadi. Gejala awal biasanya tidak ada, kelainan diagnose dengan peningkatan TIO dan sudut ruang anterior normal. Peningkatan tekanan dapat dihubungkan dengan nyeri mata yang timbul.

– Pengrtian Glukoma sudut tertutup(sudut sempit)
Disebut sudut tertutup karena ruang anterior secara anatomis menyempit sehingga iris terdorong ke depan, menempel ke jaringan trabekular dan menghambat humor aqueous mengalir ke saluran schlemm. Pergerakan iris ke depan dapat karena peningkatan tekanan vitreus, penambahan cairan di ruang posterior atau lensa yang mengeras karena usia tua. Pengrtian Glukoma- Gejala yang timbul dari penutupan yang tiba- tiba dan meningkatnya TIO, dapat berupa nyeri mata yang berat, penglihatan yang kabur dan terlihat hal. Penempelan iris menyebabkan dilatasi pupil, bila tidak segera ditangani akan terjadi kebutaan dan nyeri yang hebat.

Pengertian  Glukoma sekunder
Dapat terjadi dari peradangan mata , perubahan pembuluh darah dan trauma . Dapat mirip dengan sudut terbuka atau tertutup tergantung pada penyebab.
– Perubahan lensa
– Kelainan uvea
– Trauma
– bedah

Pengertian Glukoma- Penyebab yang paling sering ditemukan adalah uveitis. Penyebab lainnya adalah penyumbatan vena oftalmikus, cedera mata, pembedahan mata dan perdarahan ke dalam mata. Beberapa obat (misalnya kortikosteroid) juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan intraokuler.

Pengertian Glukoma- Segera lakukan kontrol ke dokter spesialis mata. Untuk diperiksa tekanan intraokular, keadaan lapang pandang, dan keadaan jaringan saraf optik. Apakah semuanya masih dalam keadaan  baik dan apakah semuanya masih terkontrol.

Pengertian Glukoma- Keterlambatan dalam penanganan glaukoma dapat merugikan pasien karena dapat mengurangi kualitas lapang pandang bahkan dapat berakhir pada kebutaan total.

 

Pengertian Glukoma Yaitu

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*