Gangguan Saraf Mata

Gangguan Saraf Mata

Gangguan Saraf Mata

Gangguan Saraf Mata

Gangguan Saraf Mata– Peranan Saraf mata mata adalah sangat penting dalam sistem penglihatan. Saraf yang bertangungjawab terhadap mata manusia adalah saraf optikus (Nervus II). Saraf optikus merupakan kumpulan jutaan serat saraf yang membawa pesan visual dari retina ke otak. Rangsangan berupa cahaya bisa di interpretasikan di otak melalui saraf optikus. Berarti saraf optikus mengubah cahaya menjadi stuktur kimia/listrik agar bisa dihantarkan ke sistem saraf pusat (otak).

Gangguan Saraf Mata adalah photoreceptor yang kecil pada bagian retina atau pada permukaan bagian dalam di belakang mata yang merasakan ada cahaya dan mengirimkan sinyal kepada saraf mata, saraf mata membawa sinyal menuju otak. Masalah ini di manapun sepanjang bagian saraf mata atau kerusakan pada daerah di belakang otak yang merasakan informasi penglihan bisamenghasikan kehilangan pada pandangan/penglihatan. Penyebab nya kerusakan pada system saraf mata adalah tumor yang terdapat pada kelenjar pituitary menekan pada saraf mata tersebut.

Gangguan Saraf Mata– Ke dua mata tersebut membawa sinyal dari mata menuju bagian belakang otak, pada pada otak tersebut disdebut optic chiasm, setiap saraf membelah dan separuhnya serat yang melintang di atas sisi lainya karena struktur/susunan anajtomi ini , saluran saraf yang rusak dapat menimbulkan pola khusus pada kehilangan penglihatan.

Gangguan Saraf Mata- Ada beberapa pola pada hilangnya penglihatan yaitu:

Jika saraf mata rusak diantara bola mata tersebut , orang yang menderita tersebut dapat mengalami pembutaan hanya karena gejala tersebut, dan jika chiasm mata rusak maka ke dua mata akan kehilangan penglihatan.

Gangguan Saraf Mata- Dan kerusakan saraf  yang lebih lanjut lagi pada jalur saraf optic ini biasanya sering di akibatkan oleh penyakit stroke dan penyakit tumor yang masih menghasilkan pola pada kehilangannya penglihatan pada mata. Separuh bidang visual di kedua mata terkena. Misalnya, dengan kerusakan di sebelah kiri bagian otak, kedua mata kehilangan setengah bagian kanan bidang visual mereka.

Gejala Gangguan Saraf Mata

Gejalanya berupa penurunan fungsi penglihatan, yang bervariasi mulai dari bintik buta yang kecil sampai kebutaan total yang terjadi dalam waktu 1-2 hari.Penderita bisa merasakan nyeri atau tidak sama sekali.

Secara sederhana, perawatan itu bisa dimulai dengan melakukan gaya hidup sehat agar gangguan penglihatan tak mengancam. Kenali beberapa penyebab gangguan saraf mata berikut, seperti dilansir Healthmeup.

1. Gangguan Saraf Mata dari penyakit Diabetic retinopathy
Gula darah tidak terkontrol yang sudah berkepanjangan menghasilkan perubahan dalam pembuluh darah di seluruh tubuh.  Kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah retina disebut retinopati diabetik. Kondisi adalah komplikasi mikrovaskuler diabetes, yang jika tidak terdiagnosis dan diobati sejak dini, bisa menyebabkan kebutaan.

2. Trachoma
Trachoma adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis , yang menghasilkan permukaan dalam kelopak mata menjadi kasar. Sehingga membuat penglihatan seseorang terganggu.

3. Kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan kehilangan penglihatan pada
seseorang. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi yang tinggia akan vitamin A agar bisa mencegah risiko itu. Contoh makanan yang mengandung asupan antara lain seperti pepaya, pisang, wortel, bayam dan lain lain.

4. Penyakit radang pada mata ( okular inflamasi)
Seseorang yang mengalami peradangan pada lapisan tengah di mata disebut uvea, dimana peradangan itu terdiri dari pada pembuluh darah dan bertanggung jawab untuk memberi “makan” mata.  Penyebab penyakit okular. Inflamasi disebabkan infeksi ataupun gangguan inflamasi.

5. Penyakit pembuluh darah yang memengaruhi retina atau saraf optik seperti stroke.
Kondisi ini adalah beberapa penyebab utama kebutaan dan gangguan saraf mata/penglihatan yang memengaruhi seseorang tergantung usia dan kesehatan fisiknya.  Pemeriksaan secara teratur adalah metode terbaik untuk memerintah menghindari kebutaan dan gangguan saraf mata.

Dan penyebab gangguan saraf mata lainnya seperti

  •     Bertambahnya produksi cairan mata oleh badan siliar
  •     Berkurangnya pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata atau di celah pupil (glaukoma hambatan pupil)
  •     Sangat mungkin merupakan penyakit yang diturunkan dalam keluarga
  •     Gangguan Saraf Mata dapat timbul akibat penyakit atau kelainan dalam mata
  •     Gangguan Saraf Mata dapat diakibatkan penyakit lain di tubuh
  •     Gangguan Saraf Mata dapat disebabkan efek samping obat

Gangguan Saraf Mata

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*