Cara Menyembuhkan Glaukoma

Cara Menyembuhkan Glaukoma

Penyakit glaukoma dapat menyebabkan kebutaan permanen jika tidak di obati dengan segera.

Cara Menyembuhkan Glaukoma– Glaukoma memang bukanlah suatu penyakit, kekomplekan dari ganguan tekanan intraokuler yang mana mempunyai karakteristik gejala peningkatan tekanan intraokular pada orang dewasa. Penyakit glaukoma merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian mata. Jika penyakit glaukoma ini di biarkan terus menerus tanpa mendapatkan pengobatan, maka penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Cara Menyembuhkan Glaukoma– Pencegahan lebih baik di lakukan sedini mungkin, karena resiko untuk terserang penyakit ini selalu ada. Terutama untuk mereka yang memiliki keturunan atau riwayat penyakit glaukoma ini sebelumnya.

Di Indonesia glaukoma telah menjadi penyebab kebutaan nomor dua setelah katarak. Berbeda dengan katarak yang masih bisa dioperasi, glaukoma adalah ‘si pencuri penglihatan’ yang tidak bisa disembuhkan karena kerusakan yang terjadi pada saraf matanya.

Cara Menyembuhkan Glaukoma– Penyakit glaukoma di bagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan kondisinya. Diantaranya adalah :

  • Glaukoma sekunder
  • Glaukoma primer
  • Glaukoma Kongenital
  • Glaukoma SUdut tertutup akut

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Pada kasus glaukoma Sekunder, disebabkan oleh kondisi lain seperti katarak, diabetes, trauma, arthritis maupun operasi mata yang di lakukan sebelumnya. Obat tetes mata atau tablet yang mengandung steroid juga dapat meningkatkan tekanan pada mata. Cara Menyembuhkan Glaukoma– Karena itu tekanan pada mata harus diukur teratur bila sedang menggunakan obat-obatan tersebut.

Cara menyembuhkan glaukoma- Sedangkan pada glaukoma Sudut-Terbuka Primer ,glaukoma ini merupakan tipe yang paling umum dijumpai. Glaukoma jenis ini bersifat turunan, sehingga risiko tinggi bila ada riwayat dalam keluarga yang menderita penyakit glaukoma ini sebelumnya . Biasanya terjadi pada usia dewasa dan berkembang perlahan-lahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Cara Menyembuhkan Glaukoma– Seringkali tidak ada gejala sampai terjadi kerusakan berat dari syaraf optik dan penglihatan terpengaruh secara permanen.

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Glaukoma Kongenital ditemukan pada saat kelahiran atau segera setelah kelahiran, biasanya penyakit glaukoma jenis ini disebabkan oleh sistem saluran pembuangan cairan di dalam mata yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya tekanan bola mata menjadi meningkat terus dan menyebabkan pembesaran pada mata bayi, bagian depan mata berair dan berkabut dan peka terhadap cahaya.

cara menyembuhkan glaukoma

cara menyembuhkan glaukoma

Gejala Glaukoma :

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Pada penderita glaukoma terkadang gejala yang timbul berbeda. Namun ada beberapa gejala yang paling umum di rasakan oleh penderita glaukoma adalah sebagai berikut :

  • Bila memandang lampu/cahaya maka akan timbul warna pelangi di sekitar warna tersbut.
  • Mata terasa sakit karna posisi mata berada dalam keaadan membengkak.
  • Penglihatan yang tadinya kabur lama kelamaan akan kembali normal.
  • Rasa ingin mengedip terus menerus, dengan menekan kedipan berlebihan.
  • Hal inilah yang membuat penderita glukoma tidak menyadari bahwa ia telah menderita penyakit mata yang kronis,penyakit glukoma ini dapat di derita kedua matanya.

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Adapum Makanan yang harus dipantang oleh penderita glaucoma adalah :

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu memperhatikan apa yang Anda makan, karena banyak penyakit yang disebabkan karena makanan yang dilarang dikonsumsi justru termakan. Cara Menyembuhkan Glaukoma- Tidak semua makanan yang tersedia di meja makan kita aman untuk penderita penyakit glaukoma, tentunya ada beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam pantangan penyakit glaukoma. Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam pantangan makanan untuk penyakit glaukoma? beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kurangi konsumsi kopi
  2. Putih telur
  3. Teh
  4. Coklat
  5. Soft drink
  6. Daging berserat merah

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Jika glaukoma bisa dideteksi lebih dini, perawatan yang diberikan bisa dengan menggunakan obat-obatan untuk menurunkan tekanan bola mata sehingga bisa mencegah kebutaan.

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Tapi jika obat-obatan sudah tidak mempan, maka jalan satu-satunya adalah melalui tindakan laser atau operasi untuk membuat saluran baru agar cairan dalam bola mata bisa keluar.

Cara Menyembuhkan Glaukoma- Glaukoma merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sama seperti hipertensi atau DM yang membuat pasiennya harus mengonsumsi obat terus menerus dan harus tetap mengontrol tekanan bola matanya agar tidak naik lagi. Karena itu deteksi dini penting dilakukan.

 

Cara Menyembuhkan Glaukoma

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*